Penegakan Kedisiplinan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19: Literature Review

  • Delvina Alifah Rahma UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Muhid UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Pandemi covid-19 membawa banyak dampak di berbagai bidang kehidupan tak terkecuali pendidikan. Sebagian siswa baik dari tingkat SD hingga SMA mempunyai motivasi belajar yang rendah. Pada penelitian ini, peneliti memilih penegakan disiplin dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode literature review di mana data diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, e-book, dan referensi yang relevan sesuai dengan topik yang diangkat. Hasil menunjukkan bahwa terdapat banyak cara dalam penerapan penegakkan disiplin untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, yang perlu menyertakan keterlibatan tidak hanya oleh satu pihak, namun juga harus melibatkan kerjasama dan sinergi antara guru, orang tua dan berbagai pihak sekolah. Beberapa layanan bimbingan konseling juga dapat diterapkan sebagai bentuk penegakan disiplin dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Published
2022-01-29
How to Cite
RAHMA, Delvina Alifah; MUHID, Abdul. Penegakan Kedisiplinan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19: Literature Review. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 84-91, jan. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/458>. Date accessed: 02 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i1.458.