Pengaruh Blanded Learning terhadap Pembelajaran Senam Lantai Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjungpura 1

  • Febi Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratu Regita Maghfira Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Salam Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui apakah terdapat Pengaruh Blanded Learning terhadap Pembelajaran Senam Lantai pada Siswa Kelas IV di SD Negri Tanjungpura 1. Pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen digunakan dalam penelitian ini yang dilakukan di SDN Tanjungpura 1 dengan mengambil kelas IV dengan populasi 157,yang terdiri dari 4 kelas, namun yang menjadi sampel penelitian yang diambil sebanyak 20 siswa yang dipilih secara kelompok dari 50 % kelas yang hadir. Intrumen yang digunakan adalah tes keterampilan gerak senam lantai yang terdiri dari roll depan, sikap lilin dan sikap kayang. Teknik pengelolaan data menggunakan uji hipotesis (Uji T). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model Blanded Learning berpengaruh terhadap aktivitas pembelajaran senam lantai pada siswa kelas IV di SDN Tanjungpura 1. Hasil perhitungan yang telah dilakukan bahwasannya pretest memiliki nilai yang lebih kecil yaitu dengan rata-ratanya 26,25 dengan standar devisinya 3,291 sedangkan nilai pretestnya memiliki nilai yang lebih tinggi yaitu dengan rata-rata nilainya 33,60 dengan nilai standar divisinya 3,952. Begitu juga dengan nilai dari paired samples test dengan menggunakan sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,000 dimana nilai tersebut berarti lebih kecil dari 0,05.

Published
2022-01-29
How to Cite
KURNIAWAN, Febi; MAGHFIRA, Ratu Regita; HIDAYAT, Abdul Salam. Pengaruh Blanded Learning terhadap Pembelajaran Senam Lantai Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjungpura 1. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 19-24, jan. 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/439>. Date accessed: 02 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i1.439.