Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas VII B SMPN 4 Blitar pada Materi Thaharah

  • Siti Rohmawati SMP Negeri 4 Blitar

Abstract

Berdasarkan pada pembelajaran PAI ,siswa tidak aktif dengan indikator  yang hanya lima dari 32 siswa,belum ada interaksi antar siswa .Siswa mengalami kesulitan menguasai materi thaharah(hadas besar dan hadas kecil)dengan nilai rata-rata 65 .Karena itu tanggung jawab guru untuk membuat pembelajaran taharah menjadikan siswa lebih aktif dan hasil ulangan meningkat.Berangkat dari permasalahan diatas guru mengadakan PTK.Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa pada materi thaharah.Strategi yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode diskusi kelompok dan dilaksanakan selama dua siklus.Tempat penelitian dilakukan di SMP N 4 Kota Blitar dengan objek penelitian siswa kelas VII B,sebanyak 32 siswa terdiri dari 18 siswa perempuan dan 14 laki-laki yang dilaksanakan semester II tahun pelajaran 2017/2018.Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktifitas belajar siswa pada materi persiapan thaharah oleh observer dari teman sejawat.Penelitian di lakukan pada siklus I dan II.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan  hasil belajar dan perubahan  aktifitas siswa menjadi lebih meningkat .Yaitu nilai rata rata kelas dari 64 menjadi 76,dan siswa yang berhasil mencapai KKM dari 57%  menjadi 91 %.  Sedangkan siswa yang aktif belajar siklus I hanya 8 siswa menjadi 20 siswa pada siklus II dari 32 siswa

Published
2018-03-30
How to Cite
ROHMAWATI, Siti. Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas VII B SMPN 4 Blitar pada Materi Thaharah. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 129-136, mar. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/39>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.39.