Penerapan Metode Sugesti Imajinatif dengan Menggunakan Media Gambar Fotografi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi

  • Isroyati Isroyati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta 1
  • Fitri Senny Hapsari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta 1
  • Aliffia Teja Prasasty Universitas Indraprasta PGRI Jakarta 1

Abstract

Masalah yang diteliti yaitu menguji keefektifan metode sugesti-imajinatif dengan media gambar fotografi dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode sugesti-imajinasi dan media gambar fotografi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) keefektifan Metode sugesti-imajinatif dengan media gambar fotografi dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, (2) hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode-sugesti imajinatif dengan media gambar fotografi.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain kelas kontrol pretes-postes berpasangan yang dilakukan di SMK Dwiguna Depok tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan hasil penelitian ini adalah teknik pemberian tes, observasi, dan angket. Hasil uji hipotesis menunjukan penerapan metode sugesti-imajinatif dengan media gambar fotografi secara signifikan dapat lebih meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan metode metode konvensional. Ini dibuktikan berdasarkan perhitungan statistik untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol, t hitung yang didapat yaitu diperoleh thitung sebesar 9,38 dan dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) serta derajat kebebasan 58 diperoleh t tabel sebesar 2.00 terbukti t hitung (9,38) > t tabel (2,00). Karena t hitung > t tabel, maka dapat dikatakan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan hasil kelas kontrol.


 

Published
2021-04-30
How to Cite
ISROYATI, Isroyati; HAPSARI, Fitri Senny; PRASASTY, Aliffia Teja. Penerapan Metode Sugesti Imajinatif dengan Menggunakan Media Gambar Fotografi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 255-266, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/353>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.353.