Peningkatan Mutu Guru dalam Proses Pembelajaran melalui Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekola di SDN Dandong 01

  • Enis Ana Wulandaningrum SDN Dandong 01 Srengat

Abstract

Hasil penelitian telah ditemukan permasalahan bahwa kualitas pendidikan masih jauh dari apa yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti sekaligus kepala sekolah melakukan pembinaan kepada guru melalui supervisi klinis. Tindakan ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran melalui implementasi supervisi klinis kepala sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan dua siklus. Hasil penelitian diperoleh persentase ketuntasan mutu guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang dicapai pada siklus I sebesar 69% dan pada siklus II sebesar 94%, hasil persentase ketuntasan mutu guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang dicapai pada siklus I sebesar 57% dan pada siklus II sebesar 82%, hasil persentase ketuntasan mutu guru dalam kompetensi kepribadian dan sosial guru yang dicapai pada siklus I sebesar 82% dan pada siklus II sebesar 94%, dan hasil persentase ketuntasan yang dihitung melalui tes formatif saat pratindakan sebesar 38%, siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 88%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi  supervisi klinis dapat meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran di SDN Dandong 01tahun pelajaran 2018/2019 Kabupaten Blitar

Published
2021-04-30
How to Cite
ANA WULANDANINGRUM, Enis. Peningkatan Mutu Guru dalam Proses Pembelajaran melalui Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekola di SDN Dandong 01. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 249-254, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/352>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.352.