Analisis Kesulitan Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Konsep Gerak Parabola

  • Retno Sari Widowati Universitas Jambi
  • Maison Maison Universitas Jambi
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian hasil belajar fisika siswa SMAN 1 Kota Jambi kelas X MIPA 4 yang belum sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengungkap kesulitan siswa dalam memahami konsep gerak parabola. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 26 siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas X MIPA 4 SMAN 1 Kota Jambi. Alat pengumpul data berupa instrumen two-tier diagnostic test, yaitu tes pilihan ganda dua tingkat dimana tingkat pertama merupakan pilihan ganda dan tingkat kedua alasan terbuka. Berdasarkan hasil dari tes yang diberikan, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan sebagai berikut. Pertama, pada sub konsep grafik kecepatan terhadap waktu saat benda dilempar ke atas sampai titik tertinggi. Kedua, pada sub konsep gaya pada lintasan parabola. Ketiga, pada sub konsep waktu tempuh dua benda ketika menempuh lintasan parabola. Keempat, pada sub konsep bentuk lintasan parabola. Kelima, pada sub konsep arah percepatan pada gerak parabola. Keenam, pada sub konsep vektor kecepatan dan percepatan.

Published
2021-04-30
How to Cite
WIDOWATI, Retno Sari; MAISON, Maison; KURNIAWAN, Dwi Agus. Analisis Kesulitan Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Konsep Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 322-326, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/350>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.350.