Pengembangan Instrumen Four-Tier Test Berbasis Website pada Materi Rangkaian Listrik di Perguruan Tinggi

  • Teana Nisa Ekacitra Jambi University
  • Maison Maison Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia
  • Wawan Kurniawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan: (1) untuk mengembangkan instrumen miskonsepsi mahasiswa Pendidikan Fisika berbasis web pada materi Rangkaian Listrik, (2) untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan miskonsepsi mahasiswa Pendidikan Fisika berbasis web pada materi Rangkaian Listrik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Tahapan ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa instrumen sangat layak untuk digunakan dengan rata-rata persentase kelayakan setiap aspek adalah 92,67%. Instrumen yang telah dikembangakan dapat digunakan secara luas dan meminimalkan waktu yang digunakan dalam mengidentifikasi miskonsepsi.

Published
2021-04-30
How to Cite
EKACITRA, Teana Nisa; MAISON, Maison; KURNIAWAN, Wawan. Pengembangan Instrumen Four-Tier Test Berbasis Website pada Materi Rangkaian Listrik di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 314-321, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/349>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.349.