Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Spasial (PBS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Presperktif Gaya Berpikir Siswa

  • Moch Rio Pambudi Universitas Negeri Malang

Abstract

Siswa di Indonesia memiliki kemampuan berpikir kreatif yang rendah. Data berfikir kreatif siswa di Indonesia yang rendah diketahui dari berbagai survei yang dilakukan. Hasil survei TIMMS menunjukan 2% siswa mampu menyelesaikan soal dengan kesulitan menengah sampai tinggi dan data PISA menunjukan berpikir kreatif siswa pada urutan 64 dari 65 negara. Gaya berpikir suatu keterampilan yang dimiliki setiap siswa yang melibatkan otak kiri dan kanan. Model PBS dapat menjadi alternatif untuk kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggaruh model PBS terhadap berpikir kreatif dalam prespektif gaya berpikir. Metode peneitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain 2x2 factorial group design. Subjek penelitian adalah siswa XI IPS A dan XI IPS B MA Miftahul Huda Kandat. Model PBS berpengaruh terhadap berpikir kreatif dengan nilai siginifikasi sebesar 0,000 < 0.05. Model PBS tidak berpengaruh terhadap berpikir kreatif dalam prespektif gaya berpikir siswa dengan nilai signifikasi adalah 0,881 > 0.05.

Published
2021-04-30
How to Cite
PAMBUDI, Moch Rio. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Spasial (PBS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Presperktif Gaya Berpikir Siswa. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 235-241, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/347>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.347.