Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru MTs Tholabuddin Masin Kabupaten Batang

  • Devi Dwi Kurniawan Universitas Selamat Sri
  • M. Fahmi Yahya MTs Tholabuddin Masin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; a) Menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru MTs Tholabuddin Masin. b) Menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru MTs Tholabuddin Masin. c) Menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Tholabuddin Masin. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 21 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai t hitung sebesar 2,509 dan tingkat signifikansi sebesar 0,024. Disiplin Kerja secara parsial juga berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai t hitung sebesar 2,985 dan tingkat signifikansi sebesar 0,009. Secara simultan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai F hitung sebesar 64,771 dan signifikansi 0,000. Simultaneously the principal’s leadership style and work discipline have a positive effect on teacher performance with an F value of 64,771 and a significance of 0,000.

Published
2021-04-30
How to Cite
KURNIAWAN, Devi Dwi; YAHYA, M. Fahmi. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru MTs Tholabuddin Masin Kabupaten Batang. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 232-239, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/345>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.345.