Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Menganalis Bentuk-Bentuk Kerjasama Mengunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 1 Gandusari

  • Sukini Sukini SMP NEGERI 1 GANDUSARI

Abstract

Proses belajar-mengajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Gandusari   masih monoton dan jauh dari harapan. Permasalahan yang sering di hadapi saat kegiatan belajar mengajar berlangsung antara lain: 1) masih rendahnya motivasi siswa untuk belajar Pendidikan Kewarganegaraan, 2) belum ada metode pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dapat membuat siswa tertarik pada pembelajaran tersebut, 3) siswa menganggap bahwa Pendidikan Kewargenagaraan merupakan pelajaran yang tidak penting dan membosankan, 4) masih rendahnya kemampuan siswa untuk mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu yang dimiliki. Jalannya proses belajar mengajar antara guru dengan siswa tidak sesuai dengan sistem cara belajar siswa aktif, dimana guru sebagai fasilitator sedangkan siswa aktif sendiri untuk menemukan permasalahan-permasalahan dan siswa juga diharapkan mampu menemukan jawaban-jawaban yang jadi pokok masalah. Akibat yang ditimbulkan dari hal-hal tersebut adalah rendahnya hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Gandusari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn materi menganalisis bentuk-bentuk kerja sama menggunakan model pembelajaran Model Student Team Achievement Divison (STAD) pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Gandusari. Tujuan penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar PPKn materi menganalsis bentuk-bentuk kerja sama menggunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIIA SMPN 1 Gandusari Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing melalui empat tahapan, yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi, (4) tahap refleksi. Instrumen pennelitian menggunakan tes tulis uraian. Teknik penelitian dengan menyelenggarakan tes tulis. Teknik analisa data dengan membandingkan ketuntasan yang didapat dengan KKM yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan model Model Student Team Achievement Divison (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar PPKn materi keberagaman dalam masyarakat Indonesia siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Gandusari semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes siklus I, yaitu 73,85 dan siklus II 85,38 berarti ada peningkatan. Selain itu, ketuntasan belajar pada siklus I, yang tuntas 61,54% atau 16 siswa sedangkan yang tidak tuntas, 38,46% atau 10 siswa. Siklus II siswa yang tuntas mencapai 100% .

Published
2021-04-30
How to Cite
SUKINI, Sukini. Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Menganalis Bentuk-Bentuk Kerjasama Mengunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 1 Gandusari. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 211-217, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/342>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.342.