Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Suhu dan Kalor dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SDN 4 Sumberdadi Kecamatan Trenggalek Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Sukrianto Sukrianto SD Negeri 4 Sumberdadi Kecamatan Trenggalek

Abstract

Penggunaan media audio visual pada pembelajaran IPA materi Suhu dan Kalor terbukti mampu meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar pada siswa kelas V SDN 4 Sumberdadi Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada keadaan awal sebanyak 6 siswa (31,58%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penggunaan media audio visual pada pembelajaran pembelajaran IPA materi suhu dan kalor pada siklus I meningkat menjadi 9 siswa atau 47,37% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 16 siswa atau 84,21%. Penjelasan mengenai peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada penggunaan media audio visual pada pembelajaran Pembelajaran IPA materi Suhu dan Kalor menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan di mana pada kondisi awal sebesar 61,05 meningkat menjadi 64,74 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 72,63, yang belum tuntas belajarnya, namun secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua.

Published
2021-04-30
How to Cite
SUKRIANTO, Sukrianto. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Suhu dan Kalor dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SDN 4 Sumberdadi Kecamatan Trenggalek Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 278-286, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/340>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.340.