Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Snowball Throwing di Kelas XI SMK Negeri I Nglegok

  • Imam Wahyudi SMKN 1 NGLEGOK BLITAR

Abstract

Matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa, adapun upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan snowball throwing yang dapat meningkatkan kompetensi matematika kelas XI SMK Negeri 1 Nglegok. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus tindakan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Boga SMK Negeri 1 Nglegok Semester II dengan jumlah 36 siswa, materi yang dibahas adalah geometri. Penelitian menemukan adalah rata-rata hasil pre-test sampai dengan siklus II yaitu rata-rata hasil pre-test adalah 33,4%, Siklus I adalah 60,4%. Sedangkan siklus II adalah 79,5% Adapun rata-rata aktivitas siswa pada siklus I = 64,3 % dan siklus II = 73,5%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar.

Published
2021-04-30
How to Cite
WAHYUDI, Imam. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Snowball Throwing di Kelas XI SMK Negeri I Nglegok. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 267-277, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/337>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.337.