Media E-Learning sebagai Solusi Pengembangan Materi Wawancara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19

  • Eri Susanto UIN Sunan Kalijaga
  • Aisyah Putri Deapalupi UIN Sunan Kalijaga
  • Suci Muzfirah UIN Sunan Kalijaga
  • Ahmad Saufi Al Hadisi UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Penelitian ini bertujuan mempermudah guru dalam merancang pengembangan materi pembelajaran dan menyampaikan ke siswa/orang tua siswa ditengah pandemic COVID-19. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi literature dari beberapa sumber baikmedia cetak dan elektronik, serta buku dan jurnal elektronik. Pencarian jurnal dilakukan melalui Google Cendekia. Berdasarkan hasil pencarian data yang diperoleh dan dipilih yang memenuhi kriteria. Analisis tinjauan literature termasuk pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu Pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi E-learning ini tentu juga dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat sekolah dasar. Kita ambil contoh dalam materi wawacara, guru dapat memanfaatkaan aplikasi Whatapps Group untuk melakukan pembelajaran dan memberikan tugas terukur. Tetapi dalam pengembangan materi wawancara menggunakan aplikasi e-learning terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru antara lain; pertama, dalam pemilihan media e-learning harus menggunakan aplikasi pembelajnaran jarak jauh yang sudah dipakai oleh orang banyak dan orang tua siswa sudah terbiasa mengggunakannya, kedua, pemberian tugas terukur harus memperhatikan berbagai hal yang tidak memberatkan siswa dan orang tua, ketiga yaitu aspek controlling yang dilakukan guru penting dalam pembelajaran menggunakan media e-learning. Keempat adalah inovasi dan pemanfaat tekhnologi oleh guru dalam pemberian tugas maupun pembelajaran.

Published
2021-04-30
How to Cite
SUSANTO, Eri et al. Media E-Learning sebagai Solusi Pengembangan Materi Wawancara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 204-210, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/336>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.336.