Menggunakan Mainan Balok Kayu untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Prosedur

  • Nur Wijayati SMPN 01 Sanankulon Blitar

Abstract

Paradigma lama menganggap kemampuan produktif akan datang dengan sendirinya melalui penguasaan tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary). Tetapi pada kenyataannya jauh lebih kompleks dan melibatkan serangkaian ketrampilan dan pengetahuan (Thornbury; 2005). Salah satu strategi yang diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan produktif siswa adalah dengan menerapkan teknik Bermain Peran dengan teknik yang disebut Playing Building Blocks. Teknik ini diadaptasi dari Playing Tinkertoy (Brown:2007). Siswa membentuk kelompok 3 orang yang masing-masing berperan sebagai The Thinker, The Runner, dan The Builder. Kesuksesan penyampaian informasi antar masing-masing peran menentukan kemenangan grup. Suasana gembira, keterlibatan dalam permainan kelompok, dan akurasi pesan lebih penting daripada ketepatan grammar dan pronounciation. Siswa diamati menggunakan lembar pengamatan dan penilaian.

Published
2021-04-30
How to Cite
WIJAYATI, Nur. Menggunakan Mainan Balok Kayu untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 197-203, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/335>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.335.