Upaya Mempromosikan Aktivitas Fisik dan Pendidikan Jasmani via Sosio-Ekologi

  • Dedi Ardiyanto SMP Negeri 3 Singosari
  • Pinton Setya Mustafa Universitas Islam Negeri Mataram

Abstract

Model sosio-ekologi sangat penting untuk memeriksa tingkat multipel faktor yang mungkin menjadi penentu aktivitas fisik dan pendidikan jasmani. Model sosio-ekologi berfokus pada hubungan timbal balik antara individu dan sosial, lingkungan fisik dan kebijakan. Mempromosikan pendidikan jasmani dan aktivitas fisik melalui sosio-ekologi menjadi sangat penting karena dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berinteraksi dengan lingkungan. Sehingga jika kegiatan promosi dilakukan melalui rancangan lingkungan fisik di sekitar maka akan lebih mudah tersampaikan. Dalam pendekatan sosio-ekologi di bidang pendidikan dan pembelajaran memberikan peluang bagi siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara optimal. Diharapkan dengan adanya model sosial-ekologi dapat menjadikan individu terutama anak-anak lebih efektif dalam melakukan aktivitas fisik maupun dalam pendidikan jasmani disekolah. Supaya tingkat kesehatan anak-anak terjaga dengan baik.

Published
2021-04-30
How to Cite
ARDIYANTO, Dedi; MUSTAFA, Pinton Setya. Upaya Mempromosikan Aktivitas Fisik dan Pendidikan Jasmani via Sosio-Ekologi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 169-177, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/331>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.331.