Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Menentukan Rata-Rata Hitung, Modus, dan Median Sekumpulan Data Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas VI Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 SD Negeri 1 Karangan Kecamatan Karangan

  • Eni Mardiyah SD NEGERI 1 KARANGAN

Abstract

Metode pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting dalamĀ  menentukan keaktifan dan keberhasilan suatu pembelajaran. Proses Pembelajaran secara konvensional yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa pasif, ia hanya duduk, diam dan mendengarkan, hal itu sering kita jumpai di sekolah. Di sini Guru sebagai agen pembelajaran dituntut untuk selalu mengembangkan keprofesiannya demi keberhasilan pendidikan, dengan cara mengembangkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan.


Sehubungan dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas, penelitian ini menggunakan Pembelajaran Konstektual melalui model Group Investigation (GI) pada standar kompetensi Pengolahan Data dengan memilih kompetensi dasar Menentukan rata-rata hitung, modus, dan median sekumpulan data. Rancangan pembelajaran ini diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga terjadi pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan..


Manfaat penelitian ini bagi siswa yang menjadi subyek penelitian adalah meningkatnya prestasi belajar dalam Menentukan rata-rata hitung, modus, dan median sekumpulan data. Manfaat bagi guru adalah meningkatkan kemampuan guru dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar sehingga siswa menjadi aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan, Penelitihan ini adalah penelitihan TindakanĀ  (action research). Pembelajaran Menentukan rata-rata hitung, modus, dan median sekumpulan data dengan model Group Investigation ini dirancang dalam dua siklus. Hasil Penelitian : Pada Siklus I hasil pembelajaran peserta didik belum tuntas, siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 13 anak dengan prosentase 65 %. Pada Siklus II hasil pembelajaran peserta didik sudah mencapai ketuntasan, karena siswa yang telah tuntas sebanyak 17 anak dengan prosentase sebesar 85 %. Terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 69 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II. Hal ini berarti hasil belajar siswa meningkat 11. Kesimpulan penelitian ini adalah :Model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Menentukan rata-rata hitung, modus, dan median sekumpulan data siswa kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 1 Karangan Kec. Karangan, Kab. Trenggalek.

Published
2021-01-31
How to Cite
MARDIYAH, Eni. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Menentukan Rata-Rata Hitung, Modus, dan Median Sekumpulan Data Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas VI Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 SD Negeri 1 Karangan Kecamatan Karangan. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 86-92, jan. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/320>. Date accessed: 02 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i1.320.