Pengaruh Metode Discovery Learning dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SD Kelas V
Abstract
kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dampak pendekatan pembelajaran discovery learning terhadap prestasi akademik matematika siswa kelas V di SDN Wonojoyo 2, yang terletak di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Analisis statistik sampel berpasangan menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika pra-tes siswa di kelas kontrol adalah 68,2500, sedangkan rata-rata hasil pasca-tes untuk kelompok yang sama mencapai skor 69,7000. Hubungan yang diamati antara skor pra-tes dan pasca-tes di kelas kontrol terukur sebesar 0,737. Menunjukkan nilai penting sebesar 0,000. Jumlah di kelas kontrol tercatat sebesar 0,622, disertai dengan nilai signifikansi sebesar 0,622. Di kelas eksperimen, siswa menunjukkan rata-rata hasil belajar matematika pra-tes sebesar 67,0500, yang meningkat menjadi rata-rata hasil pasca-tes sebesar 81,4000. Hubungan antara nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,340 dengan nilai signifikansi sebesar 0,142. Nilai Thitung pada kelas eksperimen tercatat sebesar -5,792 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini mengarah pada kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar post-test antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dengan siswa yang mengikuti metode discovery learning memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelompok konvensional. Hasil analisis data statistik menunjukkan bahwa uji signifikansi gaya belajar terhadap hasil belajar matematika menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,81 yang berarti nilai signifikansinya kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika. Pengaruh pendekatan discovery learning dan gaya belajar individual terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Wonojoyo 2 Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.