Pengaruh Model Case Based Learning Berbantuan Padlet terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Fase F pada Materi Pelestarian Keanekaragaman Hayati di SMA

  • Izdihar Aisy Universitas Negeri Surabaya
  • Aida Kurniawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Sri Murtini Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract

Model Case Based Learning merupakan model pembelajaran yang berfokus pada analisis pemecahan masalah sehingga keterampilan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis respon siswa terhadap model Case Based Learning berbantuan padlet terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI Fase F di SMA Negeri 21 Surabaya, 2) Untuk menganalisis hubungan model Case Based Learning berbantuan padlet terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI Fase F di SMA Negeri 21 Surabaya.
Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experiment. Teknik pengambilan sampling menggunakan Purposive Sampling karena dipilih berdasarkan rata-rata hasil belajar kognitif yang cenderung sama. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes berupa soal HOTS (High Order Thinking Skills) untuk menguji keterampilan berpikir kritis siswa dan menggunakan instrument non-tes berupa angket untuk menganalisis respon siswa terhadap model Case Based Learning. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Non Parametrik Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa kelas kontrol sebesar 1.539 dan kelas eksperimen sebesar 1.527 sehingga tingkat respon siswa berada dalam kategori sangat baik. Hasil analisis Uji Non Parametrik Mann Whitney menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) 0,311 > 0,05 sehingga tidak ada perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam menerapkan model Case Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Published
2025-04-30
How to Cite
AISY, Izdihar; KURNIAWATI, Aida; MURTINI, Sri. Pengaruh Model Case Based Learning Berbantuan Padlet terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Fase F pada Materi Pelestarian Keanekaragaman Hayati di SMA. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 448-457, apr. 2025. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1239>. Date accessed: 16 may 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v9i2.1239.