Pengelolaan Lingkungan Sekolah sebagai Laboratorium Alam Berbasis Partisipatif

  • damanhuri . Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa memiliki keterampilan berpikir kritis. Dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis lingkungan sebagai laboratorium alam, siswa diharapkan mampu memanfaatkan sumber belajar secara maksimal. Berbekal predikat Sekolah Adiwiyata Nasional, SMA Negeri 1 Blitar, mengembangkan pengelolaan lingkungan sekolah sebagai laboratorium alam berbasis partisipatif. Dengan adanya kegiatan tersebut sekolah diharapkan mampu mengimplementasikan nilai karakter budaya dan peduli lingkungan melalui berbagai kegiatan sekolah. Dengan penataan lingkungan sekolah diharapkan dapat membawa dampak secara langsung terhadap siswa maupun guru, terutama pada motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Published
2019-04-30
How to Cite
., damanhuri. Pengelolaan Lingkungan Sekolah sebagai Laboratorium Alam Berbasis Partisipatif. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 137-142, apr. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/119>. Date accessed: 27 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i2.119.