Metode Dongeng: Peningkatan Keterampilan Berbahasa melalui Storytelling Abu Nawas di TK IT Auladi Islami

  • Ridwan Ridwan Universitas Lancang Kuning, Indonesia
  • Khoerotun Nisa Liswati Universitas Bangka Belitung, Indonesia
  • Raja Syamsidar Universitas Lancang Kuning, Indonesia
  • Netty Nurdiyani Politeknik Negeri Semarang, Indoneisa
  • Oom Rohmah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Juli Yani Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia

Abstract

Observasi menunjukkan kecakapan anak-anak yang belajar di TK IT Auladi Islami Kec. Rajeg belum mumpuni dalam pengenalan huruf-huruf yang sekaligus penguasaan kosakat rendah, serta minim motivasi belajar. Menimbang bahwa semakin banyak anak menguasai kosakata maka semakin cerdas keterampilan wicaranya, dan semakin anak banyak mengenal huruf, akan mempercepat kemampuan menulisnya. Metode mendongeng menjadi pilihan mengenalkan multi kosakata yang sederhana efektif dan menceritakan kembali menjadi alternatif tujuan riset yakni upaya meningkatkan keterampilan berbahsa sesuai fase pertumbuhan dan perkembangan kemampuan anak. Jenis PTK, dua siklus, 4 tahapan (rencanakan, laksanakan, amati, merefleksi), subjek 13 anak, hasil menunjukkan keterampilan berbahasa anak.

Published
2025-01-18
How to Cite
RIDWAN, Ridwan et al. Metode Dongeng: Peningkatan Keterampilan Berbahasa melalui Storytelling Abu Nawas di TK IT Auladi Islami. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 207-218, jan. 2025. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1185>. Date accessed: 12 may 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v9i1.1185.