Pengembangan Media Round Wheel pada Materi ASEAN untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI SDN 6 Suwawal

  • Fifid Edo Firdhayanti Universitas Islam Nahdlatul ulama jepara
  • Syailin Nicla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

Abstract

Temuan yang menunjukkan bahwa siswa kelas VI SDN 6 Suwawal masih memiliki pemahaman rendah pada materi ASEAN dan bahkan berdampak pada hasil belajar IPAS, menjadi latar belakang dari dilaksanakannya riset ini. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan media pembelajaran round wheel menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Media ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman melalui pendekatan bermain sambil belajar, di mana siswa memutar roda untuk mendapatkan materi secara acak dan menjawab pertanyaan. Hasil validasi menunjukkan kelayakan 78,5% dari ahli media (kategori valid) dan 94,2% dari ahli materi (kategori sangat valid). Pengujian melibatkan 20 siswa dan menunjukkan peningkatan ketuntasan yang signifikan dengan uji-t (p < 0,05), serta nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,4576, yang menunjukkan peningkatan sedang pada pemahaman siswa. Dengan hasil ini, media Round wheel dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar IPAS siswa pada materi ASEAN di SDN 6 Suwawal dan dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang interaktif.

Published
2025-04-30
How to Cite
FIRDHAYANTI, Fifid Edo; CHOIRIN ATTALINA, Syailin Nicla. Pengembangan Media Round Wheel pada Materi ASEAN untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI SDN 6 Suwawal. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 348-361, apr. 2025. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1171>. Date accessed: 16 may 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v9i2.1171.