Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Picture Card terhadap Hasil Belajar IPAS Sekolah Dasar

  • Afif Amroellah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament berbantuan media picture card terhadap hasil belajar IPAS siswa SD kelas IV di gugus 1 Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experiment dalam bentuk  post-test only control group desain. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa dengan jumlah kelas eksperimen yaitu 11 siswa  dan kelas kontrol 21 siswa . Dari hasil tes tulis yang peneliti lakukan terdapat nilai post-test di kelas eksperimen dengan  nilai tertinggi 81 dan nilai terendah 62, sedangkan nilai post-test dikelas kontrol yaitu nilai tertinggi 75 dan terendah 31. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengembangan yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media picture card  terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di gugus 1 Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Hal ini dibuktikan dari taraf signifikan sebesar 5,18591 > 2,04227. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament  Berbantuan Media Picture Card berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV di gugus 1 Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo.

Published
2025-04-30
How to Cite
AMROELLAH, Afif. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Picture Card terhadap Hasil Belajar IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 381-388, apr. 2025. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1160>. Date accessed: 16 may 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v9i2.1160.