Rekayasa Jean Piaget: Teori Perkembangan Kognitif dalam Konsepsi Anak di Usia Sekolah Dasar
Abstract
Konsepsi atau pembuahan diaktakan tahap pertama dalam proses pertumbuhan dan perkembangan hingga mencapai kematangan atau dewasa. Melalui proses ini, anak mengalami peningkatan ukuran dan kedewasaan semua aspek, baik fisik, emosional, intelektual, maupun psikososial. Perkembangan kognitif merupakan satu fase yang berkaitan dengan pengetahuan, penalaran, atau pemikiran merujuk aspek pengetahuan, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis serta evaluasi. Riset menetapkan pendekatan kualitatif deskriptif yang mengadopsi teori analitik dan didaktik yang menekannkan pada riset narative literature review. Teknik observatif kepustakaan digunakan sebagai cara untuk memahami dan mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya menerapkan teori perkembangan kognitif dalam konsepsi anak di pembalajaran SD.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.