Rekayasa Jean Piaget: Teori Perkembangan Kognitif dalam Konsepsi Anak di Usia Sekolah Dasar

  • Saptono Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Lailiyatus Sa'diyah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Juli Yani Universitas Al Washliyah Labuhan Batu, Indonesia
  • Andini Mei Wulandari Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Konsepsi atau pembuahan diaktakan tahap pertama dalam proses pertumbuhan dan perkembangan hingga mencapai kematangan atau dewasa. Melalui proses ini, anak mengalami peningkatan ukuran dan kedewasaan semua aspek, baik fisik, emosional, intelektual, maupun psikososial. Perkembangan kognitif merupakan satu fase yang berkaitan dengan pengetahuan, penalaran, atau pemikiran merujuk aspek pengetahuan, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis serta evaluasi. Riset  menetapkan pendekatan kualitatif deskriptif yang mengadopsi teori analitik dan didaktik yang menekannkan pada riset narative literature review. Teknik observatif kepustakaan digunakan sebagai cara untuk memahami dan mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya menerapkan teori perkembangan kognitif dalam konsepsi anak di pembalajaran SD.

Published
2025-01-17
How to Cite
HADI, Saptono et al. Rekayasa Jean Piaget: Teori Perkembangan Kognitif dalam Konsepsi Anak di Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 158-168, jan. 2025. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1139>. Date accessed: 12 may 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v9i1.1139.