- Analisis Keterampilan Komputasi Peserta Didik dalam Inovasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz Paper Mode

-

  • Moch Hamzah Qomarudin Universitas Negeri Malang
  • Khilma Ziadatul Muslimah Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Rey Ardan Saputra Universitas Negeri Malang
  • Ria Anggraini Universitas Negeri Malang
  • Hermawan Septa Millenia Nugraha Universitas Negeri Malang
  • Rustanto Rahardi Universitas Negeri Malang

Abstract

Abstrak: Abad ke-21, yang ditandai dengan kemajuan teknologi digital, memberikan kesempatan bagi guru untuk menciptakan inovasi dalam pembelajaran melalui fitur Quizizz Paper Mode. Hal ini membuat siswa merasa lebih termotivasi dan nyaman selama proses belajar. Penelitian ini dilakukan dengan subjek siswa kelas IV A di SDN Bareng 1 Kota Malang, dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan komputasi siswa melalui analisis data kuis, respon dari kuesioner, dan rekaman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan komputasi siswa dikategorikan dalam predikat "cukup". Secara rinci, 5,56% siswa mendapatkan predikat "sangat baik", 22,22% "baik", 55,56% "cukup", dan 16,67% "perlu bimbingan". Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru memanfaatkan Quizizz Paper Mode sebagai alternatif dalam pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh. Selain itu, guru juga perlu memprioritaskan pemahaman siswa terhadap konsep materi, bukan hanya bergantung pada Quizizz.


 

Published
2025-04-28
How to Cite
QOMARUDIN, Moch Hamzah et al. - Analisis Keterampilan Komputasi Peserta Didik dalam Inovasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz Paper Mode. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 307-314, apr. 2025. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1136>. Date accessed: 16 may 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v9i2.1136.