Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Konsep dan Penerapan Kebijakan Kurikulum Merdeka di Provinsi Banten

  • Imas Mastoah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Putri Hanum Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Galuh Galuh Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan konsep kurikulum merdeka di madarasah Ibtidaiyah Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Kabupaten Serang dengan melibatkan guru kelas I dan kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik dalam penerapan konsep dan kebijakan kurikulum merdeka memiliki persepi baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya ungkapan yang mendukung terhadap penerapan kurikulum merdeka seperti pada aspek mengurangi beban guru, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, bebas berekspresi dan kompetesi guru yaitu meningkatkan kompetensi, dan mendukung inovasi guru dalam mengajar dengan kategori baik. Persepsi baik dan satu hal yang mendukung terkait dengan pengetahuan guru MI terkait konsep dan kebijakan pada penerapan kurikulum merdeka di Provinsi Banten khususnya sekolah MI menunjukan oleh hasil wawancara yang selama kegiatan wawancara banyak memberikan pendapat yang positif terkait pengetahuan mulai dari pengertian, tujuan dan pengaruh positifnya, serta pengetahuan para guru MI sangat baik.

Published
2025-04-28
How to Cite
MASTOAH, Imas; HANUM, Putri; GALUH, Galuh. Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Konsep dan Penerapan Kebijakan Kurikulum Merdeka di Provinsi Banten. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 286-297, apr. 2025. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1131>. Date accessed: 16 may 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v9i2.1131.