Pengembangan Media Ular Tangga pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Keragaman Budaya di Indonesia
-
Abstract
Abstrak: Peserta didik di sekolah dasar biasanya belajar dalam kelompok, mereka menyukai belajar melalui permainan. Karena alasan tersebut, peneliti berinisiatif mengembangkan game edukasi Pendidikan Pancasila menggunakan media Ular Tangga untuk mengajarkan siswa tentang keragaman budaya di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaannya dan menciptakan media yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan media ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen media ular tangga, soal evaluasi, serta angket digunakan untuk pengolahan data dalam pengembangan media ini. Temuan penelitian ini meliputi produk yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan pemahaman materi yang akan diajarkan, khususnya di SDN Bareng 1 Kota Malang. Media ini dapat dimanfaatkan untuk pelajaran Pembelajaran Pancasila dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru lain untuk membuat media yang kreatif. Selain itu, media ini juga bisa menjadi simbol ikonik pembelajaran di SDN Bareng 1 Kota Malang. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa media ular tangga yang dibuat sudah memenuhi standar yang ditetepkan. Telah dinilai efektif dengan 85% peserta didik mendapat nilai evaluasi di atas 75 (KKM), praktis dengan nilai kepraktisan 3,4, dan valid dengan nilai validitas 3,76.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.