Implementasi Budaya Toleransi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural

  • Sahwan Hakim UIN Mataram
  • Lukman Hakim UIN Mataram
  • Fathul Maujud UIN Mataram

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi budaya toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural di SDN 1 Jagaraga dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif, melibatkan subjek penelitian yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru Pendidikan Agama, serta sejumlah siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya toleransi beragama dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di kelas, seperti doa pagi bersama, penanaman pemahaman untuk tidak saling membenci antar umat beragama, kebersamaan, kegiatan yang meningkatkan budaya toleransi, serta bersikap universal dan menghormati satu sama lain. Selain itu, kegiatan di luar kelas, seperti ekstrakurikuler keagamaan dan peringatan hari besar keagamaan, juga berperan penting dalam membangun budaya toleransi. Dampak dari implementasi Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan multikultural mencakup terciptanya suasana belajar yang nyaman dan kondusif, kelancaran aktivitas sekolah dengan toleransi yang tinggi, serta budaya saling menghormati dan kerukunan hidup beragama dalam perbedaan. Penelitian ini juga menemukan adanya dukungan dari kebijakan pemerintah, lingkungan sekolah, serta sarana dan prasarana yang memadai, meskipun terdapat beberapa hambatan, seperti kematangan emosional siswa yang bervariasi, pemahaman yang berbeda di antara siswa, kurangnya dukungan dari wali murid, serta minimnya pelatihan untuk guru dan evaluasi umpan balik. Kontribusi penelitian ini memberikan wawasan penting tentang perlunya pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berbasis multikultural dalam membangun budaya toleransi di lingkungan sekolah, serta rekomendasi untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih mendukung implementasi toleransi beragama.

Published
2025-01-11
How to Cite
HAKIM, Sahwan; HAKIM, Lukman; MAUJUD, Fathul. Implementasi Budaya Toleransi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 102-112, jan. 2025. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1114>. Date accessed: 16 may 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v9i1.1114.