Aplikasi Media Pengenalan Sila Pertama Pancasila Menggunakan Augmented Reality Berbasis Problem Based Learning

  • Trisa Ayu Sadila Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mandra Saragih Universitas muhammadiyah sumatera utara, Indonesia
  • Irayanti Masta Universitas muhammadiyah sumatera utara, Indonesia

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas pada jurnal ini adalah agar adanya peningkatan pemahaman siswa kelas II-B di SD Negeri 060857 Medan Durung tentang Sila Pertama Pancasila. Penelitian ini melakukannya dengan mengembangkan media pembelajaran yaitu aplikasi Augmented Reality (AR) yang diintegrasikan dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Tujuan dari pengembangan aplikasi AR adalah agar peserta didik mendapatkan pengetahuan yang lebih baik tentang Sila Pertama Pancasila. Penelitian tersebut dilakukan dalam beberapa siklus, termasuk perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Observasi, wawancara, dan data hasil belajar diperoleh untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis PBL yang dikombinasikan dengan aplikasi AR bisa mendapatkan kemajuan pada hasil belajar.

Published
2024-10-31
How to Cite
SADILA, Trisa Ayu; SARAGIH, Mandra; MASTA, Irayanti. Aplikasi Media Pengenalan Sila Pertama Pancasila Menggunakan Augmented Reality Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 861-868, oct. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1099>. Date accessed: 06 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i4.1099.