Implementasi Model Pembelajaran PBL Berbantuan Website Wizer.me dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik
Abstract
Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia, dimana keberhasilan pendidikan terletak pada hasil belajar peserta diidk. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik sehingga tidak dapat memenuhi KKTP disebabkan oleh kualitas pengajaran yang perlu untuk ditingkatkan, termasuk kurangnya variasi dalam metode pembelajaran dan pendekatan yang tidak memadai dalam menjelaskan konsep-konsep, sehingga dapat menyebabkan peserta didik kesulitan mencapai standar yang ditetapkan, terutama pada pembelajaran abad 21 saat yang menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan dalam penggunaan teknologi serta kemampuan berfikir kritis, utamanya dalam memecahkan masalah. Pelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) ini dilakukan untuk memberikan solusi terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh peserta didik kelas VIII-G di SMPN 1 Surabaya, pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran PBL dengan media E-LKPD menggunakan website wizer.me. Berdasarkan hasil penelitian dari pelaksanaan siklus II ini telah mengalami peningkatan yang baik dari pelaksanaan siklus I. Pembelajaran pada siklus II ini juga dilaksanakan dengan berkelompok, penambahan pengalokasian waktu pengerjaan dan diskusi juga telah dilakukan, serta pendampingan dan pemberian umpan balik oleh guru kepada peserta didik selama proses diskusi juga telah dilakukan, kemudian yang terakhir peserta didik pun terlihat sudah mulai terbiasa dalam penggunaan media E-LKPD berbantuan website wizer.me. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksaan siklus II sudah berhasil dan penerapan model pembelajaran PBL berbantuan website wizer.me dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS efektif untuk diterapkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.