Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI SD Negeri Sidosermo I Surabaya
Abstract
Salah satu hal yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VI IPAS SDN Sidosermo I/427 Surabaya adalah masih digunakannya metode pembelajaran tradisional. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VI tentang rangka tubuh manusia melalui penggunaan teknik pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian kelas ini menggunakan dua siklus. Dalam proses pengumpulan data digunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, siklus I memperoleh rata-rata 46 dengan daya serap 46%, sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 82 dengan daya serap 82%. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi Rangka tubuh Manusia mengalami peningkatan. Dengan demikian, pada kelas VI SD Negeri Sidosermo I/427 Surabaya, penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPAS yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.