Penguatan Nilai Kebhinekaan Global dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

PENGUATAN NILAI KEBHINEKAAN GLOBAL DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMAN 1 GARUM

  • luthfia amalia syafrida universitas islam balitar
  • Minto Santoso UNIVERSITAS ISLAM BALITAR BLITAR
  • Arik Cahyani UNIVERSITAS ISLAM BALITAR BLITAR

Abstract

Di Indonesia, pendidikan terus mengalami perubahan dan perkembangan, salah satunya adalah perubahan kurikulum. Kurikulum yang sekarang ini digunakan adalah kurikulum merdeka. Salah satu dimensi dari profil pelajar Pancasila yang ada di kurikulum merdeka adalah dimensi berkebhinekaan global. SMA Negeri 1 Garum telah melaksanakan Kurikulum Merdeka secara mandiri sejak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertempatan di SMA Negeri 1 Garum, Kabupaten Blitar. Penelitian ini berlangsung mulai dari bulan Oktober tahun 2023 sampai bulan Juni tahun 2024. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai oleh peneliti adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket yang dipakai untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan kegiatan yang ada di sekolah baik itu intrakulikuler (pembelajaran pendidikan pancasila), kokurikuler (P5) serta budaya sekolah penguatan nilai kebhinekaan global di SMA Negeri 1 Garum menunjukkan hasil yang positif dalam menumbuhkan pemahaman siswa tentang budaya, sikap toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, serta keterampilan komunikasi lintas budaya.

Published
2024-10-31
How to Cite
SYAFRIDA, luthfia amalia; SANTOSO, Minto; CAHYANI, Arik. Penguatan Nilai Kebhinekaan Global dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 726-733, oct. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1066>. Date accessed: 06 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i4.1066.