Efektivitas Aplikasi Simurelay Berbasis Android terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto
Abstract
Rendahnya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal dan rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas dan pengaruh penggunaan aplikasi simurelay berbasis android terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI TITL SMKN 1 Jatirejo berjumlah 101 siswa dan sampel penelitian berjumlah 66 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas XI TITL2 yang menjadi kelompok kontrol dan 33 siswa kelas XI TITL3 menjadi kelompok eksperimen.Teknik analisa data menggunakan perhitungan uji N-Gain dan uji Anova dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil uji N-Gain menunjukkan efektivitas >1 yaitu 2.17 pada motivasi belajar dan 1.93 pada hasil belajar, sehingga dapat diartikan aplikasi simurelay berbasis android sangat efektif terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hasil uji Anova pada motivasi belajar dan hasil belajar menunjukkan bahwa Ha diterima dengan nilai Sig. sebesar 0,000 (0.000<0.05) artinya aplikasi Simurelay berbasis android efektif dan berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah “Adanya keefektifan aplikasi Simurelay berbasis android dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, Adanya keefektifan aplikasi simurelay berbasis android dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan adanya pengaruh aplikasi simurelay berbasis android terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa bidang teknik instalasi tenaga listrik di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto.”
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.