Model Pembelajaran Kooperative Tipe Group Investigation Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD
Abstract
Penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Tumpuk Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, dengan kelas yang dijadikan fokus pembelajaran adalah kelas VI dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, yang telah dilakukan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model deskriptif interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Keberhasilan penelitian ditentukan oleh Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 70 yang diperoleh 85% dari 23 siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran group investigation terdapat peningkatan belajar, nilai rata-rata pada kondisi awal 54,78 menjadi 63,78 pada siklus I dan 71,74 pada akhir siklus II dengan ketuntasan belajar pada kondisi awal terdapat 3 siswa yang tuntas atau 13,04% meningkat pada siklus I menjadi 10 siswa atau 43,48% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 21 siswa atau 91,30%. Berdasarkan data hasil belajar dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VI SDN Tumpuk, Kecamatan Tugu Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.