Peran Pembelajaran Kewirausahaan dalam Memoderasi Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK

  • Nur Widiyawati Universitas Negeri Surabaya
  • Suparji Suparji Universitas Negeri Surabaya
  • I Gusti Putu Asto Buditjahjanto Universitas Negeri Surabaya
  • Lilik Anifah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sesuai kurikulum pembelajaran SMK yaitu “Pembelajaran Kewirausahaan” seorang siswa harus memiliki efikasi diri dan dukungan keluarga agar dapat menjadi seorang wirausaha dan siap menghadapi segala tantangan dalam perjalanannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausalitas dan teknik analisis data pengujian kualitas data, pengujian hipotesis, dan pengujian interaksi (Moderated Regression Analysis/MRA) terhadap 100 responden, untuk mengetahui peran pembelajaran kewirausahaan dalam memoderasi self-eficacy dan dukungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK Kabupaten Pacitan. Berdasarkan temuan penelitian, dukungan keluarga dan self-eficacy berdampak positif terhadap kesiapan berwirausaha. Hal ini berarti semakin besar dukungan dari anggota keluarga, semakin besar kepercayaan diri dalam berwirausaha. Pembelajaran kewirausahaan dapat berdampak pada self-eficacy untuk kesiapan berwirausaha, meskipun self-eficacy tidak hanya diperoleh melalui sekolah formal. Namun self-eficacy dapat dipengaruhi oleh usia, kepercayaan diri, pola asuh orang tua, dan lingkungan masyarakat.

Published
2024-07-31
How to Cite
WIDIYAWATI, Nur et al. Peran Pembelajaran Kewirausahaan dalam Memoderasi Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 595-600, july 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1027>. Date accessed: 13 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i3.1027.
Section
Social Education