Pengaruh Media Card Sort terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cigoong 3 yang bertujuan untuk melihat pengaruh media Card Sort terhadap kemampuan membaca peserta didik pemula. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan jenis one group pretest posttest design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas IA sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas IB kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes lisan kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa adanya pengaruh media Card Sort terhadap peningkatan kemampuan membaca peserta pemula didik. Dari hasil analisis rata-rata nilai tes akhir kemampuan membaca pemula pada kelas 1A sebesar 77,3 lebih tinggi dan nilai rata-rata pada kelas 1 B sebesar 68,4, hal ini menunjukkan bahwa kelas yang diberikan perlakuan dengan media Card Sort lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa media Card Sort berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.