Pembentukan Karakter Siswa melalui Peran Guru PAI dan Pembiasaan Sekolah di SMPN Doko 2 Blitar

  • Umi Nahdiyah universitas nahdlatul ulama blitar
  • Nanang Zamroji universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Khoirul Wafa universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Pembiasaan merupakan kegiatan membentuk perilaku atau sikap yang secara otomatis dan bersifat relatif tetap melalui suatu kegiatan yang dilaksanakan secara berulang diluar jam pelajaran. Pembiasaan merupakan bagian dari Pendidikan berkarakter yang mencerminkan budi pekerti yang pelaksanaanya dengan berulang terhadap stimulus yang sama sebagai hasil respon. Tujuan Penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan program kegiatan pembiasaan di SMPN 2 Doko Kecamatan Doko Kabupaten Blitar dengan bimbingan untuk pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Nilai karakter yang ditunjukkan serta diterapkan yaitu peduli lingkungan, tanggung jawab, religious, toleransi, serta jujur. 2) Program pembiasaan di SMPN 2 Doko meliputi kegiatan spontan, kegiatan rutin, kegiatan keteladanan dan kegiatan terprogram. 3) Hambatan yang dialami dalam menerapkan Pendidikan karakter di SMPN 2 Doko yaitu factor peserta didik, factor lingkungan, factor guru serta keluarga.

Published
2024-07-25
How to Cite
NAHDIYAH, Umi; ZAMROJI, Nanang; WAFA, Khoirul. Pembentukan Karakter Siswa melalui Peran Guru PAI dan Pembiasaan Sekolah di SMPN Doko 2 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 481-488, july 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1015>. Date accessed: 22 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i3.1015.
Section
Social Education