Pengembangan Edugame Media Kartupan (Kartu Terbagi Delapan) Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD
Abstract
Pendidikan memiliki tujuan penting salah satunya untuk mencerdaskan anak bangsa dengan menggerakkan semangat terhadap peserta didik melalui peningkatan motivasi dan pembentukan karakter demokrasi sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Hal ini didukung dengan pembelajaran Project Based Learning melalui edugame media Kartupan hasil karya peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode RnD dan produk yang dihasilkan berupa Kartupan. Hasil penelitian ini menunjukan pengembangan produk Kartupan yang dikemas dalam sebuah games berbasi PjbL dan Profil Pelajar Pancasila, hal ini terbukti menaikan hasil pembelajaran sebesar 15% yang dipengaruhi oleh meningkatnya motivasi dan terbentuknya karakter Demokrasi. Sehingga Kartupan ini efektif untuk diterapkan dalam kegiatan belajar matematika.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.