Manajemen Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan (Studi Komparasi di SMPN 14 Mataram dan SMP Dwi Jendra Mataram)

  • Zikrul Hamdani UIN Mataram
  • S. Ali Jadid Al Idrus UIN Mataram, Indonesia
  • Subki Subki UIN Mataram, Indonesia

Abstract

Indonesia adalah negara dengan keragaman luar biasa yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, etnik, agama, dan budaya, namun saat ini menghadapi tantangan intoleransi yang meningkat, termasuk di lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami manajemen moderasi beragama di SMPN 14 Mataram dan SMPS Dwijendra Mataram, menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah memiliki strategi yang berbeda namun sejalan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kebijakan moderasi beragama. SMPN 14 Mataram menerapkan nilai-nilai moderasi melalui kurikulum yang inklusif, sementara SMPS Dwijendra Mataram menekankan komunikasi dan koordinasi dalam pelaksanaan program. Evaluasi di kedua sekolah menunjukkan bahwa moderasi beragama telah terintegrasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik, membantu menciptakan lingkungan yang toleran dan harmonis. Penelitian ini berkontribusi dengan memberikan gambaran tentang pentingnya moderasi beragama di sekolah untuk membentuk siswa yang toleran dan menghargai perbedaan.

Published
2024-07-22
How to Cite
HAMDANI, Zikrul; AL IDRUS, S. Ali Jadid; SUBKI, Subki. Manajemen Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan (Studi Komparasi di SMPN 14 Mataram dan SMP Dwi Jendra Mataram). Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 449-457, july 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1005>. Date accessed: 13 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i3.1005.
Section
Social Education