Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan GoogleSites Konsep Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari - hari

  • Mirayanti Mirayanti Universitas Negeri Malang
  • Oktaviani Adhi Suciptaningsih Universitas Negeri Malang
  • Surayanah Surayanah Universitas Negeri Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar interaktif berbantuan google sites elemen penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), metode dalam penelitian ini menghasilkan produk dan menguji tingkat keefektifan produk. Langkah yang digunakan yaitu Analysis, Design, Development, dan Evaluation.  Penelitian ini hanya terbatas pada rancangan pengembangan produk dan validasi secara internal kepada validator ahli dan belum sampai pada tahap uji coba. Data yang dihimpun dan digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif deskriptif berdasarkan hasil validasi ahli melalui kuisioner yang diberikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket atau kuisioner penilaian validator ahli guna mengetahui kelayakan dari produk pengembangan e-book interaktif berbasis heyzine ini. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil prosentase validasi dari ahli materi 1 sebesar 87,4 % dan ahli materi 2 sebesar 90,1%. Hasil prosentase ahli media 1 sebesar  89,4% dan ahli media 2 sebesar 89,3%. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif berbantuan google sites  layak digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar  interaktif berbantuan google sites  elemen menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari disajikan dengan sangat menarik melalui fitur yang komplit sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas  II SD.

Published
2024-07-31
How to Cite
MIRAYANTI, Mirayanti; SUCIPTANINGSIH, Oktaviani Adhi; SURAYANAH, Surayanah. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan GoogleSites Konsep Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari - hari. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 560-567, july 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1003>. Date accessed: 13 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i3.1003.
Section
Social Education