The Use of Drilling Method in English Speaking Skills

  • Abrar Abrar STIS Darul Falah Pagutan Mataram NTB
  • Bidarita Widiati Sekolah Tinggi Ilmu Teknik Lingkungan Mataram, Indonesia

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang penting dalam komunikasi global, bisnis, dan pendidikan, dan kemampuan berbicara bahasa Inggris sangat dihargai di banyak negara, termasuk Indonesia. Namun, mencapai kefasihan dalam berbicara bahasa Inggris masih menjadi tantangan bagi banyak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode drilling dan implementasinya dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drilling efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara otomatis, akurasi pengucapan, memperluas kosakata, dan membentuk kebiasaan belajar yang konsisten dengan latihan berulang, siswa dapat melatih otak mereka untuk merespons cepat tanpa terlalu memikirkan tata bahasa atau kosakata, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa pengintegrasian latihan drilling dalam kurikulum pembelajaran bahasa dapat memperkuat penguasaan tata bahasa, pengucapan, kosakata, dan pola kalimat, sementara program pelatihan guru dan dukungan kebijakan perlu mencakup komponen tentang teknik drilling yang efektif, dan integrasi teknologi dapat memperluas latihan drilling di luar kelas untuk mendukung siswa dalam pembelajaran bahasa.

Published
2024-07-22
How to Cite
ABRAR, Abrar; WIDIATI, Bidarita. The Use of Drilling Method in English Speaking Skills. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 436-443, july 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1000>. Date accessed: 21 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i3.1000.
Section
Social Education