Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS

  • Hadi Sucipto SMK Negeri 3 Blitar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 5 SMAN 3 Blitar melalui penerapan model project based learning. Subyek penelitiam ini adalah siswa kelas XI IPS 5 SMAN 3 Blitar dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model project based learning dapat meningkatkan minat belajar yang dilihat melalui aktivitas belajar siswa untuk setiap kelompok. Project based learning juga dapat meningkatkan hasil belajar secara klasikal dari siklus I hasil belajar siswa mencapai 61% dan pada siklus II mencapai 71%

Published
2017-10-25
How to Cite
SUCIPTO, Hadi. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 77-86, oct. 2017. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/10>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.10.