Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Field Trip

Main Article Content

Sujarwo Sujarwo

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu pelajaran yang diberikan mulai SD/MI mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, dan generalisasi yang berkaitan dengan fenomena alam serta kehidupan makhluk. Tujuan penelitian mengetahui gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar IPS dengan metode Field Trip pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Surenlor Kecamatan Bendungan semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Subyek penelitian siswa kelas III SDN 1 Surenlor, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek berjumlah 14 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis yang dipakai rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, pada kondisi awal hanya ada 4 siswa yang tuntas belajar, dengan persentase ketuntasan sebesar 28,57%, dan rata-rata kelas 62,86; pada siklus I angka ketuntasan belajar naik menjadi 71,42% dengan rata-rata kelas 74,29; dan pada siklus II, angka ketuntasan belajar naik menjadi 100%, semua siswa tuntas dalam belajar. Kesimpulan yang dapat diperoleh bahwa penggunaan metode Field Trip dalam pembelajaran, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 di SDN 1 Surenlor, Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek.

Article Details

How to Cite
SUJARWO, Sujarwo. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Field Trip. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 79-87, feb. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/26>. Date accessed: 22 may 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i1.26.
Section
Articles