Penggunaan Media 3D SketchUp pada Pembelajaran Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Kemampuan Spatial Sense pada Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Kota Sukabumi

Main Article Content

ani riani sekarwulan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi objektif tentang peningkatan kemampuan spatial sense siswa XII IPA SMA Negeri 1 Kota Sukabumi  dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media 3D SketchUp.  Kemampuan spatial sense siswa dilihat dari proses menyelesaikan persoalan matematika pada pembelajaran dimensi tiga dengan menggunakan 3D SketchUp sebagai media pembelajaran. Penggunaan pembelajaran menggunakan media  3D SketchUp  dengan desain penelitian tindakan kelas mampu meningkatkan kemampuan spatial sense siswa pada pembelajaran dimensi tiga  kelas  XII IPA SMA Negeri 1 Kota Sukabumi. Hal ini terbukti dengan perolehan rata-rata hasil tes siswa pada tiap siklus relatif terjadi kenaikan. Hasil siklus I rata-rata spatial sense siswa adalah 72%, hasil siklus II rata-rata spatial sense siswa adalah 74%, hasil siklus III rata-rata spatial sense siswa adalah 78%, dan hasil siklus IV rata-rata spatial sense siswa adalah 87%. Hasil tes pada siklus I dan pada tes formatif mengalami peningkatan. Data ini mengindikasikan bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan spatial sense. Sikap siswa terhadap pelajaran matematika secara keseluruhan menunjukkan sebagian besar bersikap positif (84%).

Article Details

How to Cite
SEKARWULAN, ani riani. Penggunaan Media 3D SketchUp pada Pembelajaran Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Kemampuan Spatial Sense pada Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 143-149, apr. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/121>. Date accessed: 15 july 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i2.121.
Section
Social Education