Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Menggunakan Model ADDIE Mata Pelajaran IPA bagi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

  • Suhermanto Suhermanto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ibut Priono Leksono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ujang Rohman Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Stroryline 3 dengan menggunakan model ADDIE pada mata Pelajaran IPA bagi peserta didik kelas 5 sekolah dasar.  Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan model ADDIE yaitu meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain/Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline sangat layak digunakan pada mata pelajaran IPA bagi peserta didik kelas V (Lima) Sekolah Dasar dibuktikan dengan penilaian dari ahli media dengan persentase kelayakan 97,33% dengan kategori sangat layak. Dari ahli desain memperoleh skor kelayakan 92,89% dengan kategori sangat layak. Sedangkan dari ahli materi persentase kelayakan mencapai 96,00% (sangat layak). Demikian halnya dengan hasil angket uji coba kelompok kecil mencapai 97,21% (sangat layak) dan uji coba kelompok besar mencapai skor kelayakan 96,38% (sangat layak).

Published
2024-01-31
How to Cite
SUHERMANTO, Suhermanto; LEKSONO, Ibut Priono; ROHMAN, Ujang. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Menggunakan Model ADDIE Mata Pelajaran IPA bagi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 227-246, jan. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/951>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.951.
Section
Science Education