Pengaruh Model Problem Based Blended Learning dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Madrasah Aliyah

  • Achmad Yunus Arbiyan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mustaji Mustaji Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suhari Suhari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Proses belajar di abad 21 dirancang untuk generasi abad ini untuk mampu mengikuti arus perkembangan teknologi terbaru. Dalam hal ini kami menyoroti terkait kemampuan siswa dalam berfikir kritis dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata khususnya dalam mata pelajaran Fisika. Saat ini kemampuan berpikir kritis siswa- siswi khususnya madrasah aliyah negeri sidoarjo masih terbilang rendah. Hal itu diketahui berdasarkan hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2022, Siswa MAN Sidoarjo soal literasi membaca dan sosial budaya berkategori Cukup, sedangkan soal literasi sains dan numerasi berkategori Dasar. Dalam situasi saat ini, kami melakukan penelitiaan dengan melakukan inovasi pembelajaran dengan menggabungkan sintaks model pembelajaran dengan sintaks kegiatan pembelajaran, yakni Problem Based Blended Learning. Selain inovasi model pembelajaran, gaya belajar (cognitive style) siswa juga mempengaruhi pemahaman konsep fisika. Penelitian yang bersifat kuantitatif ini pada bab enenrgi dan ditujukan kepada siswa kelas X dengan sampel penelitian adalah siswa di dua sekolah. Yakni MAN Sidoarjo dan MAS Amanatul Ummah Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design, model desain penelitian ini adalah (2x2) desain faktorial. Setiap sekolah mengambil dua kelas, satu kelas untuk kelompok eksperimen (model pembelajaran Problem Based Blended Learning) dan satu kelas lagi untuk kelompok kontrol (model Problem Based Learning). Instrumen penelitian ini terdiri dari (1) angket gaya kognitif dan (2) tes prestasi belajar (performance assessment).

Published
2024-01-31
How to Cite
ARBIYAN, Achmad Yunus; MUSTAJI, Mustaji; SUHARI, Suhari. Pengaruh Model Problem Based Blended Learning dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 91-105, jan. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/937>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.937.
Section
Science Education