Pengaruh Model Kooperatif Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD

  • Eni Kusrini Universitas Terbuka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model kooperatif learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa SDN Besuk 2 Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan menggunakan kelas kontrol dan eksperimental, Adapun hasil penelitian ini adalah pertama ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan kooperatif learning dengan yang diajar tanpa menggunakan kooperatif learning. Perbedaannya ditentukan dari hasil nilai hitung t sebesar 5,164dengan taraf signifikansi 0.000 atau 0%. Hal ini berarti kooperatif learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar  matematika. kedua ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan kooperatif learning dengan yang diajar tanpa menggunakan kooperatif learning. Perbedaannya ditentukan dari hasil nilai hitung t sebesar 2,219 dengan taraf signifikansi 0.031 atau 3,1%. Hal ini berarti kooperatif learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Ketiga dari nilai t.tes pada hasil belajar dan motivasi siswa dengan df yang sama, diketahui bahwa nilai t.tes pada hasil belajar lebih besar daripada nilai t.tes pada motivasi (5,164>2,219). Selain nilai t, besar signifikansi dari keduanya juga berbeda. Sig-2 tailed pada hasil belajar siswa menunjukkan angka 0.000 atau 0% sedangkan pada motivasi belajar menunjukkan angka 0.031 atau 3,1%. Kedua hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan kooperatif learning berpengaruh lebih terhadap hasil belajar siswa dalam matematika. 


 

Published
2024-01-31
How to Cite
KUSRINI, Eni. Pengaruh Model Kooperatif Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 247-256, jan. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/934>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i1.934.
Section
Science Education