Pengembangan Siska Menggunakan Framework Codeigniter pada Pelayanan Kesiswaan SMA Negeri 2 Blitar

  • Eko Sulistiono Universitas Pgri Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ibut Priono Leksono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Retno Danu Rusmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Dari hasil analisis data hasil validasi oleh ahli desain menunjukkan untuk aspek performa mendapat skor rata-rata 4,60 dengan persentase sebanyak 92 % termasuk kategori sangat baik sedangkan pada aspek desain mendapat skor rata-rata 4,17 dengan persentase sebanyak 83 % termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian dari kedua aspek tersebut didapat jumlah skor rata-rata keseluruhan aspek 4,38 yang menunjukkan persentase kevalidan 88 % dan termasuk kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan untuk aspek performa mendapat skor rata-rata 4,67 dengan persentase sebanyak 93 % termasuk kategori sangat baik sedangkan pada aspek desain mendapat skor rata-rata 4,50 dengan persentase sebanyak 90 % termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian dari kedua aspek tersebut didapat jumlah skor rata-rata keseluruhan aspek 4,58 yang menunjukkan persentase kevalidan 92 % dan termasuk kategori sangat valid. Hasil ahli materi untuk setiap aspek menunjukkan untuk aspek kualitas materi mendapat skor rata-rata 4,42 dengan persentase sebanyak 88 % termasuk kategori sangat baik sedangkan pada aspek manfaat mendapat skor rata-rata 4,50 dengan persentase sebanyak 90 % termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian dari kedua aspek tersebut didapat jumlah skor rata-rata keseluruhan aspek 4,46 yang menunjukkan persentase kevalidan 89 % dan termasuk kategori sangat valid.

Published
2023-10-31
How to Cite
SULISTIONO, Eko; LEKSONO, Ibut Priono; RUSMAWATI, Retno Danu. Pengembangan Siska Menggunakan Framework Codeigniter pada Pelayanan Kesiswaan SMA Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 751-767, oct. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/860>. Date accessed: 13 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.860.
Section
Social Education