Urgensi Integritas Akademik di Perguruan Tinggi dalam Menyikapi Problem Integritas Civitas Akademika

Bahasa Indonesia

  • Hironimus Bao Wolo Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Bernadus Bin Frans Resi Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Indonesia

Abstract

Dewasa ini dunia Perguruan Tinggi dihadapkan pada satu problem utama yakni degradasi nilai integritas. Civitas akademika telah mempertontonkan sekaligus mempraktikkan tindakan-tindakan yang tidak berintegritas, seperti korupsi, perjokian dan plagiasi karya ilmiah. Kenyataan ini sungguh memprihatinkan dan memalukan. Dunia Perguruan Tinggi yang seharusnya menjadi pemegang tampuk nilai-nilai integritas, ternyata menjadi tempat bertumbuh dan berkembangnya praktik kejahatan. Memang pada dasarnya tidak semua civitas akademika yang melakukan tindakan kejahatan ini, namun tindakan oknum-oknum tersebut telah menghancurkan identitas luhur Perguruan Tinggi itu sendiri. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji problem integritas tersebut dan memberikan solusi dalam menyikapi problem integritas civitas akademika. Metode yang digunakan adalah kajian literatur atau studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga kasus yang paling mencolok yang menyebabkan degradasi integritas dewasa ini adalah korupsi, perjokian dan plagiasi karya ilmiah. Berhadapan dengan problem tersebut, tawaran solutif dalam meminimalisir degradasi integritas tersebut adalah pendidikan karakter berbasis budaya bangsa, pengetahuan akan nilai-nilai moral; kepatuhan akan nilai-nilai moral; dan membudayakan nilai-nilai moral dalam kehidupan kampus.

Published
2023-07-28
How to Cite
WOLO, Hironimus Bao; FRANS RESI, Bernadus Bin. Urgensi Integritas Akademik di Perguruan Tinggi dalam Menyikapi Problem Integritas Civitas Akademika. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 464-469, july 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/718>. Date accessed: 13 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.718.
Section
Social Education