Nilai Budaya dalam Kumpulan Cerpen Bedil Penebusan Karya Kiki Sulistyo dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Cerpen di SMK

  • Miftahul Husna UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Dian Hartati Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang
  • Suntoko Suntoko Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang

Abstract

Nilai budaya hadir akibat adanya kebudayaan yang memiliki makna dan tempat melekat di masyarakat. Penelitian membahas terkait unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik dalam Kumpulan Cerpen Bedil Penebusan karya Kiki Sulistyo, dan kemudian dimanfaatkan sebagai bahan ajar materi cerpen di SMK. Peneliti menganalisis unsur intrinsik menurut Nurgiyontoro, yaitu tema, alur, latar, tokoh dan penokohan, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Unsur ekstrinsik berupa enam nilai budaya menurut Edward Spranger, yaitu nilai teori, nilai ekonomi, nilai keagamaan, nilai kesenian, nilai solidaritas, dan nilai kuasa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara mendeskripsikan hasil analisis data. Hasil penelitian dari keenam cerpen menunjukkan bahwa masing-masing cerpen mengandung tema didominasi tentang keegoisan, alur didominasi plot lurus, latar didominasi oleh tempat, waktu, dan sosial. Tokoh dan penokohan didominasi oleh tokoh utama protagonis, sudut pandang didominasi penggunaan sudut pandang persona pertama “aku”, gaya bahasa didominasi majas simile, metafora, personifikasi, dan hiperbola. Amanat didominasi pada pentingnya menurunkan sikap kuasa dan egosentris demi menghargai orang-orang di sekitar. Hasil penelitian nilai budaya berkaitan dengan nilai teori berkaitan dengan pengetahuan masyarakat mempelajari perkembangan, nilai ekonomi didominasi mata pencaharian dan barang barang ekonomis, nilai agama didominasi pada identitas dan ajaran suatu agama,  nilai seni didominasi seni rupa dan seni musik, nilai kuasa didominasi penggunaan kekuasaan oleh tokoh pemimpin, nilai solidaritas didominasi kondisi sosial masyarakat, sistem kekerabatan, dan sikap antar individu. Peneliti melakukan analisis kurikulum terkait penyusunan bahan ajar. Hasil penelitian kemudian diimplementasikan menjadi sebuah produk berupa handout dengan merujuk pada KD 3.8 berupa identifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerpen.

Published
2023-07-27
How to Cite
HUSNA, Miftahul; HARTATI, Dian; SUNTOKO, Suntoko. Nilai Budaya dalam Kumpulan Cerpen Bedil Penebusan Karya Kiki Sulistyo dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Cerpen di SMK. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 345-360, july 2023. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/678>. Date accessed: 13 june 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i3.678.
Section
Social Education