Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Geografi pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Perdagangan Antarwilayah dan Antarnegara

  • Suciawati Khusnul Khotimah UNESA
  • Ketut Prasetyo Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution Nasution Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan dalam peningkatan kemampuan literasi geografi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran discovery learning; serta adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan literasi geografi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model quasi experimental (eksperimen quasi). Berdasarkan hasil N-Gain di atas, diketahui bahwa peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi Sedangkan peserta didik kelas kontrol memiliki N-gain sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning memiliki pengaruh dan efektivitas yang lebih baik daripada penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan literasi geografi peserta didik dalam materi kegiatan perdagangan antardaerah dan antarnegara.

Published
2022-07-31
How to Cite
KHOTIMAH, Suciawati Khusnul et al. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Geografi pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Perdagangan Antarwilayah dan Antarnegara. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 510-519, july 2022. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/547>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.547.